Aceh Adventure FEATURE Knowledge Sharing

Tol Langit, Infrastruktur Pendukung Jalan KKA-Bener Meriah

0Shares

Melakukan perjalanan jauh, mengitari pegunungan, jalanan berliku dan mendaki sudah tentu sangat melelahkan bagi para pengemudi ataupun pelancong yang hilir mudik dengan jarak yang lumayan cukup jauh.

Dibukanya akses jalan lintas KKA-Bener Meriah pada 2014 silam menjadi alternatif baru bagi penduduk wilayah tengah Aceh menuju Utara,Timur bahkan hingga ke provinsi tetangga. Bila awalnya masyarakat wilayah tengah harus menempuh perjalan hingga 3 jam menuju kota Lhokseumawe, kini semenjak dibukanya akses jalan lintas KKA-Bener Meriah tersebut kita hanya membutuhkan waktu 1 setengah jam untuk tiba di kota Lhokseumawe maupun sebaliknya, menuju Bener Meriah ataupun Aceh Tengah.

Pada awalnya kekhawatiran sempat terjadi, lintasan yang masih lumayan sepi, dan juga merupakan wilayah pegunungan yang dulunya menjadi tempat persembunyian Gerakan Aceh Merdeka itu menjadi lintasan yang segan untuk dilewati.

Lima tahun semenjak dibukanya akses lintasan tersebut suasana kini mulai berubah, dari Aceh Utara menuju Bener Meriah misalnya, beberapa kuliner baik itu cafe dan resto, maupun pedagang kaki lima mulai tampak ramai memenuhi lintasan tersebut, seperti di kawasan kecamatan Nisam Antara. Selain ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun daerah tetangga, disaat waktu liburan maupun lebaran jalan lintas KKA-Bener Meriah dikabarkan sempat terjadi kemacetan panjang.

Luar biasanya, masyarakat di kawasan pegunungan Aceh Utara tersebut sangat mudah berkembang dan memiliki daya saing ingin memajukan daerahnya sendiri, signal telekomunikasi merupakan kendala utama di wilayah pedalaman, warga pun mensiasati nya dengan membangun infrastruktur tol Langit di sepanjang Gampong yang dilalui lintasan tersebut, maka tak heran jika anda melintasi kawasan tersebut akan tampak mini tower Internet milik usaha masyarakat setempat.

Sarana ini sangat mendukung mengingat signal telekomunikasi di wilayah tersebut masih sangat rendah sekali, apalagi lintasan KKA-Bener Meriah sudah lumayan ramai dilintasi, bukan tidak mungkin kecelakaan terjadi, dan tentunya akses tol Langit yang dibangun oleh swadaya masyarakat Gampong melalui usaha mereka tersebut sangat membantu para pengemudi yang melintasi kawasan tersebut.

Belum lagi musim penghujan tiba, jalanan rawan longsor juga dengan cepat dapat tersebar melalui media sosial, dan sudah pasti menjadi alarm dini bagi kita yang ingin menikmati panorama dikawasan pegunungan Aceh Utara berbatasan dengan Bener Meriah itu.

Nisam Antara (dulunya Nisam) memang sudah menjadi pusat komunikasi para Gerilyawan Aceh Merdeka dulu disaat masa konflik, maka tak heran jika tol Langit dengan mudah berkembang di wilayah pedalaman Aceh Utara tersebut, dan luar biasanya juga menjadi faktor pendukung lintasan KKA-Bener Meriah.

Bila anda berkunjung melintasi kawasan tersebut, mampirlah di mini kuliner milik warga setempat, sembari beristirahat anda bisa bersantai menikmati panorama sambil mengakses internet di perjalanan, semoga perjalanan anda sampai tujuan dan pastinya safety riding di kawasan yang baru ingin terus berkembang, Lintas KKA-Bener Meriah.[]

0Shares