Aceh BERITA

Bakar Sampah Sembarangan, Lahan Ilalang di Lhokseumawe Kebakaran

0Shares

Lhokseumawe | Anews –  Membakar sampah di musim kemarau, apalagi tanpa diawasi sangatlah berbahaya, seperti kebakaran ilalang di Gampong (desa) Meunasah Masjid, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Sabtu (23/03).

Dilansir dari laman Antara, Ridwan Puteh, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Lhokseumawe mengungkapkan “Dari informasi yang kita peroleh, kebakaran lahan kosong yang ditumbuhi semak ilalang tersebut berawal dari ketidak hati-hatian warga yang membakar sampah,”

Lanjutnya, kebakaran lahan ilalang seluas 2.500 meter persegi tersebut terjadi menjelang senja hari, yakni sekitar pukul 17.50 WIB.

Akibat terbakarnya lahan kosong yang ditumbuhi ilalang tersebut api menjalar dengan cepat, dikhawatirkan akan melebar ke area lainnya, warga setempat pun segera menghubungi armada pemadam kebakaran.

“Jumlah armada pemadam Kota Lhokseumawe yang diturunkan dua unit. Kemudian api baru dapat dipadamkan kurang lebih setengah jam kemudian,” jelas Ridwan Puteh kepada media tersebut.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian naas itu, begitu juga dengan kerugian materil.

“Dengan kondisi cuaca yang terik seperti sekarang berpotensi terjadinya kebakaran, baik kebakaran rumah maupun lahan, terutama lahan yang ditumbuhi semak dan ilalang. Oleh karena itu, kepada warga sangat diharapkan untuk lebih berhati-hati”. ungkapnya

“Kita sangat mengharapkan kepada warga, supaya berhati-hati dengan bahaya kebakaran karena dapat saja dengan mudah terjadi apabila lengah.

Seperti jangan membuang puntung rokok sembarangan di lahan kering atau membakar sampah tanpa dikontrol serta kegiatan lainnya yang berpotensinya terjadinya kebakaran,” pinta Ridwan Puteh.[]

(Antara)

0Shares