BERITA Figur Nasional

BJ Habibie, Mendiang Presiden ke-3 RI Miliki Aset Ratusan Miliar

0Shares

Meski dikenal sebagai sosok yang sederhana, siapa sangka mendiang BJ Habibie–Presiden ke-3 RI miliki aset kekayaan yang berlimpah.

Aceh.news | Presiden ke-3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, telah meninggal dunia pada 11 September 2019 dikarenakan sakit yang dideritanya. Meskipun demikian, sosoknya dikenang sepanjang masa oleh masyarakat Indonesia. Kendati masa jabatannya sebagai presiden relatif singkat, mendiang BJ Habibie berjasa besar dalam dunia teknologi, terutama dalam membangun fondasi industri penerbangan modern di Indonesia hingga saat ini.

Apalagi di tengah kesuksesannya tersebut, BJ Habibie hidup penuh kesederhanaan. Hal inilah yang membuat sosok beliau dicintai rakyat Indonesia. Tapi, tahukah kamu, di balik kesederhanaan mendiang Habibie, aset kekayaan yang dimilikinya punya nilai yang fantastis?

Memang, harta kekayaan BJ Habibie tak banyak terungkap. Namun seperti yang dilansir dari Detik.com, sebuah media cetak yang bermarkas di Hongkong, Asia Far Eastern Economic Review, pernah melansir harta beliau mencapai US$ 60 juta, atau sekitar Rp841 miliar. Fantastis memang, namun angka tersebut tentu sangat wajar mengingat beliau sukses di berbagai bidang. Nah, kira-kira apa saja ya aset kekayaan milik mendiang pemilik nama panggilan Rudy Habibie ini?

Rumah mewah di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan

Sejak menjabat sebagai penasihat Dirut Pertamina pada tahun 1975, mendiang Habibie dan keluarga sudah menetap di rumah ini. Awalnya rumah tersebut adalah fasilitas rumah dinas yang diberikan oleh Ibnu Sutowo sebagai Dirut Pertamina saat itu. Lantaran sudah kerasan tinggal di sana, ia meminta Pertamina menjual rumah tersebut kepadanya.

Habibie pun akhirnya mencicil rumah tersebut selama 20 tahun. Dari foto-foto yang beredar, rumah beliau sangat luas. Bahkan ada taman IPTEK dan perpustakaan pribadi di dalamnya. Jika dilihat dari rumah lain di sekitarnya yang ditaksir dengan harga Rp 90 miliar untuk luas tanah 990 m2, rumah milik Habibie kurang lebih punya nilai sebesar itu.

Koleksi Mercedes Benz dan Harley Davidson

Di rumahnya tersebut, Habibie memiliki garasi yang sangat luas. Isinya mobil-mobil lawas dan motor-motor besar. Beberapa YouTuber seperti Kevin Hendrawan, pernah berkunjung dan melihat isi garasi tersebut. Terdapat mobil yang sangat langka, Mercedes Benz 300SL Gullwing yang diproduksi sekitar tahun 1954 – 1957.

Harga mobil tersebut kabarnya mencapai Rp18,9 miliar. Selain mobil, pria yang kerap disapa “Eyang” ini juga suka dengan sepeda motor. Terdapat dua motor Harley Davidson yang menjadi kesayangannya. Salah satunya, Harley Davidson Bad Boy, harganya setara Rp 153 juta.

Royalti dari berbagai penemuan
Habibie memegang banyak hak paten atas temuan di bidang konstruksi pesawat terbang. Saat ini, beliau sudah mengantongi sebanyak 46 hak paten. Salah satu yang paling populer adalah Mr Crack. Bukan hanya itu, dalam disiplin ekonomi makro pernah dikenal istilah Habibienomics. Hak paten dalam ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut membuatnya mendapatkan royalti. Jadi sehingga akhir hidupnya, Habibie masih memperoleh uang royalti.

Gedung tertinggi di Indonesia

Keluarga BJ Habibie bersama Pollux Properties Group berencana untuk membangun gedung pencakar langit setinggi 350 meter. Dilansir dari Kompas.com, mereka tengah merintisnya dalam pengembangan superblok Meisterstadt 11 menara di atas lahan 9 hektar di Batam Center, Batam, Kepulauan Riau.

Gedung ini dirancang sebagai perkantoran dengan rencana konstruksi yang mencakup struktur 100 lantai. Proyek yang sudah berjalan sejak 2016 ini rencananya akan dimiliki oleh kedua belah pihak, di mana kepemilikan Pollux Properties Group sebesar 51%, dan keluarga Habibie sebesar 49%. Proyek investasi gedung tertinggi di Indonesia ini disebut memiliki nilai investasi hingga Rp14 triliun.[]

Sumber: Detik

0Shares