Aceh BERITA

Danlanal Lhokseumawe: Pengamanan Selat Malaka Didukung Radar IMSS dan KAL Bireuen

0Shares

Ada 3 Mako Lanal di Provinsi Aceh, yakni Lanal Lhokseumawe, Lanal Simeulue, dan Lanal Sabang. Ke tiga Lanal tersebut secara Kewilayahan operasi pengamanan Laut tunduk dibawah Lantamal-1 Belawan, Medan Sumatera Utara bersama Lanal Tanjung Balai Asahan dan Lanal Dumai.

Lhoksukon, ANews– TNI Angkatan Laut akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 pada Selasa, 10 September 2019 mendatang.

Melansir RRI Lhokseumawe, yang turut diundang secara khusus ke Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal-1) Lanal Lhokseumawe, di Gampong Pulo Rungkom, Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara, Kamis (05/09/2019).

RRI juga diajak berkeliling Mako seluas 24 hektar tersebut bersama Komandan Lanal (Danlanal) Lhokseumawe, Kolonel Laut (P) Muhammad Sjamsul Rizal. Melihat fasilitas Mako yang meliputi Sarana lapangan tembak, hingga asrama para perwira dan prajurit yang baru ditempati dalam 2 tahun terakhir.

Kepada RRI, Danlanal bercerita tentang keseharian TNI AL dalam melakukan pengamanan wilayah Laut selat malaka.

“Pengamanan Kewilayahan Laut di kawasan perairan selat malaka, kita didukung Alutsista”, Ungkap Kolonel Laut kelahiran Sumedang, Jawa Barat ini.

Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) memiliki Alutsista Radar pemantau, Kapal Angkatan Laut (KAL) Bireuen, Kapal Patroli Sea Reader, Pakamla.

“Kita juga Punya Pos – Pos Pengamatan yang sudah dilengkapi dengan Radar IMSS (Intrograted Surveylance Maritime System). Radar itu mampu menjangkau jarak Pantau hingga 80 mil Laut dan berada di Pos pemantau dari Sigli hingga Seruway Aceh Tamiang”, rinci MS Rizal.

Lanjutnya lagi, setiap Kapal asing yang melintas di perairan Laut selat malaka akan terlacak oleh Radar IMSS dan apa bila sudah mendekati batas 12 mil Laut maka akan ada peringatan – peringatan khusus yang diberikan TNI AL.

Pangkalan TNI AL Lhokseumawe memiliki 3 tugas pokok, yakni menyelenggarakan dukungan administrasi dan logistik bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut, melaksanakan operasi keamanan Laut terbatas di wilayah kerja Lanal Lhokseumawe dan jajarannya, serta melaksanakan pemberdayaan daerah wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) dan tugas – tugas lain berdasarkan kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal).

Ada 3 Mako Lanal di Provinsi Aceh, yakni Lanal Lhokseumawe, Lanal Simeulue, dan Lanal Sabang. Ke tiga Lanal tersebut secara Kewilayahan operasi pengamanan Laut tunduk dibawah Lantamal-1 Belawan, Medan Sumatera Utara bersama Lanal Tanjung Balai Asahan dan Lanal Dumai.

Selain merayakan HUT TNI AL 10 September, nanti akan ada peringatan HUT TNI 05 Oktober, hingga Hari Armada 05 Desember 2019. Memperingati semua itu, jajaran TNI AL telah melaksanakan serangkaian kegiatan diantaranya Donor Darah, Bhakti Sosial kepada anak yatim hingga ziarah ke makam pahlawan.[] Sumber: KBRN Lhokseumawe

0Shares