Aceh BERITA Teknologi

Dosen Politeknik Lhokseumawe Latih UMKM Teknologi Pengasapan dan Pengeringan Ikan Lele

0Shares

Lhokseumawe | Anews – Politeknik Negeri Lhokseumawe melakukan kegiatan pengabdian masyarakat melalui penerapan teknologi pengasapan dan pengeringan Ikan Lele kepada UMKM di Kabupaten Aceh Utara. Sejumlah dosen yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu Faridah, Elwina dan Selvie Diana di bawah koordinasi Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (p3M).

Dalam laporan yang diterima Acehnews, penerapan teknologi pengasapan tersebut di serahkan kepada UMKM Aceh Catfish yang terletak di Desa Menasah Lhok, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara.

Mahdi Anzala, Pimpinan UMKM Aceh Catfish mengatakan bantuan peralatan teknologi tersebut, dapat mempercepat produksi ditempat mereka. Pengasapan Ikan Lele dengan hasil yang lebih baik dan tahan lama.

“Selama ini, produksi ikan lele masih secara konvesional, dengan menjemur ikan air tawar tesebut dengan sinar matahari, sehingga banyak rintangan yang kami hadapi, seperti; kurangnya peralatan untuk mengolah bahan baku secara efesien, hygienies, dan legalitas usaha (P-IRT, Sertifikasi halal) yang belum ada” demikan sebut mahdi.

Berkaitan dengan masalah diatas tim pengabdian dari PNL memberikan sebuah teknologi yang di-desiminasikan kepada masyarakat yaitu UMKM Acehfish.

Teknologi yang diberikan berupa teknologi pengeringan dengan menggunakan oven dan teknologi pengasapan. Dengan menggunakan teknologi yang diberikan oleh tim pengabdian yang terdiri dari Faridah, Elwina dan Selvie Diana, diharapkan produksi ikan lele yang dihasilkan lebih effesien.

“Waktu produksi dan ikan yang dihasilkan lebih Singkat, Ikan asap lebih higienis dan tahan lama, hal didukung dengan sistem packing yang menggunakan sistem vakum.” Sebut Faridah dalam release-nya.

Untuk diketahui Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) merupakan sebuah lembaga yang ada di struktur Pendidikan Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL).Di bawah lembaga P3M sejumlah dosen PNL melakukan peningkatan sebuah produk dengan mengikuti sebuah hibah Produk Teknologi Yang di-Desiminasikan ke Masyarakat dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tahun 2019.

Sementara itu lembaga binaan dalam kegiatan ini, UMKM Aceh Catfish adalah unit usaha di desa Meunasah Lhok yang memproduksi ikan asap dari air tawar. salah satu produk yang mereka hasilkan adalah ikan lele menjadi ikan asap dan ikan kering. Bahan baku ikan air tawar didapat melalui peternak ikan air tawar di kawasan desa tersebut.

Melalui Diseminasi oleh Politeknik Lhokseumawe ini, UMKM Aceh Catfish akan terus berusaha untuk mengembangkan dan meningkatkan produk yang dihasilkan. Kegiatan ini juga memberikan legalitas usaha dalam pengurusan P-IRT dan sertifikasi halal. Dengan adanya legalitas tersebut tentu akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap hasil produksi Aceh Catfish.

0Shares