BERITA Dunia

Fakta: Ternyata Pesawat Ukraina Jatuh Kena Rudal Iran!

0Shares

Kecelakaan Pesawat Ukraina, Boeing 737 di Iran (AP Photo/Ebrahim Noroozi)

Aceh.news | Sebelumnya Iran membantah keras bila jatuhnya pesawat komersial Ukraina pada hari Rabu diakibatkan serangan salah satu rudal Iran.

Kini Iran mengakui secara keliru menembak jatuh jet penumpang Ukraina pada hari naas itu, menyalahkan kesalahan manusia dan “petualangan AS” atas kecelakaan itu.

Diketahui kecelakaan pesawat yang menewaskan seluruh penumpangnya itu terjadi setelah Iran melancarkan serangan ke pangkalan-pangkalan Irak yang menampung pasukan AS.

Serangan itu adalah pembalasan setelah AS membunuh seorang jenderal top Iran minggu lalu, Qasem Solemaini.

176 orang tewas dalam kecelakaan itu, termasuk: 82 warga Iran, 57 warga Kanada, 11 warga Ukraina, 10 warga Swedia, empat warga Afghanistan, tiga warga Jerman, dan tiga warga negara Inggris.

Boeing 737 dengan nomor penerbangan PS752 itu merupakan pesawat produksi tahun 2010, Ukraine Internationale Airline mengatakan, Pesawat itu adalah Boeing 737-800 NG. Diproduksi di tahun 2010 dan dikirim langsung ke maskapai dari pabrikan.

Menurut Mentri Luar Negeri Ukraina saat itu, Pesawat baru beberapa menit lepas landas di bandara Taheran, Rabu, 08/01/2020 pada pukul 06.10 waktu setempat dinyatakan hilang dari pantauan radar dan diketahui jatuh akibat kesalahan teknis.

Pada Sabtu, 11/01/2020 tweet Hasan Rouhani mengemukakan, Investigasi Angkatan Bersenjata Iran menyimpulkan, misil yang ditembakkan oleh kesalahan manusia mengenai pesawat naas tersebut dan jatuhnya korban 176 tak bersalah.[]

0Shares