BERITA Ekonomi Industri dan UKM Nasional

Ingin Pinjam Uang Tak Punya Angunan, Begini Cerita Jokowi Saat Muda Dulu

0Shares

Aceh.news | Anda seorang wirausaha muda tentu saja pernah mengalami kesulitan dalam mendapatkan modal usaha, meminjam ke perbankan mungkin salah satu solusi, namun alih-alih permohonan Anda diterima, untuk menjadikan sesuatu barang berharga sebagai jaminan untuk diangunkan tentu saja semakin membuat Anda kebingungan.

Bukan hanya Anda, simak kisah Presiden Joko Widodo menceritakan saat merintis usaha di masa muda dulu. Jokowi menyebutkan, saat itu ia ingin meminjam modal ke Bank sebesar untuk mengembangkan usahanya. Namun, ia tak memiliki aset yang bisa diagunkan.

Cerita ini disampaikan Jokowi saat bertemu dengan ibu-ibu nasabah program membina ekonomi keluarga sejahtera (Mekaar) binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) di Alun-Alun Cilegon, Banten, Jumat (6/12/2019).

“Saya ingat dulu waktu saya muda saya punya usaha kecil-kecilan, saya mau pinjam Rp 10 juta saja saya harus ada agunannya. Harus lebih dari itu, padahal saya enggak punya agunan,” kata Jokowi.

“Tanah enggak punya, sertifikat enggak punya, apa yang saya miliki, enggak ada,” tuturnya.

Akhirnya, Jokowi mengaku saat itu ia meminjam sertifikat rumah orangtuanya sebagai agunan di Bank.

Oleh karena itu, Jokowi meminta ibu-ibu yang hadir bersyukur bisa dipercaya menerima pinjaman untuk modal usaha tanpa agunan.

Jokowi juga mengingatkan para ibu-ibu untuk menggunakan pinjaman itu dengan sebaik-baiknya sehingga bisa membayar cicilan tepat waktu.

“Saya titip kalau sudah dipercaya itu justru lebih hati-hati. Setuju? Hati-hati, jangan sampai kita dipercaya kita belak-belok, hati-hati. Kalau orang sudah tidak dipercaya untuk mengembalikan kepercayaan itu sulit sekali,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengingatkan jangan sampai pinjaman yang sudah diberikan secara cuma-cuma justru dimanfaatkan untuk hal-hal konsumtif.

“Jangan sampai misalnya dapat Rp 2 juta , pulang tengok-tengok ada mal, nah Rp 2 juta di sini, belok ke mal lihat kok ada baju bagus, nah ini namanya mulai tidak disiplin,” kata Jokowi.

<strong>Sumber : Kompas

0Shares