AKALSEHAT Islam OPINI Ramadhan Sosial Budaya

Bau Tak Sedap di Ujung Jembatan Cunda

0Shares

Anews — Menjalankan ibadah puasa  ramadhan dibulan suci ummat Islam tentulah memberi gambaran Islami dalam setiap perbuatan yang hendak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kebersihan itu sebahagian dari iman, sepenggal hadist nabi Muhammad Saw seharusnya menjadi cerminan bagi masyarakat Islam di bulan Ramadhan ini.

Hadist riwayat nabi tersebut sangat  bertolak dengan realita kehidupan bermasyarakat kita, tumpukan sampah paska berbuka bersliweran dimana-mana. Benar, jika nanti akan datang petugas membersihkannya, Namun tidak seharusnya tumpukan sampah tersebut menggangu indera penciuman warga lainnya yang berlalu lalang di sore hari.

Seperti pantauan Anews, tumpukan sampah yang mengeluarkan bau sangat menyengat itu berada di sekitar ujung jembatan Cunda, jalan Merdeka Barat, kota Lhokseumawe, terik mentari seakan menambah pekatnya aroma tak sedap yang dikeluarkan tumpukan sampah tak bertuan itu.

Dinas BLHK Lhokseumawe telah menyediakan tong sampah di seputaran padat penduduk, belum lagi petugas penjaga kebersihan lingkungan itu sangat disiplin melakukan tugasnya setiap hari, seharusnya warga bisa menggunakan jasa kebersihan tersebut agar tidak membuang sampah sembarang, retribusi bulanan juga tak terlalu tinggi, selain membantu PAD Pemerintah Kota, sebenarnya hal tersebut juga merupakan amal ibadah kita selaku warga kota dalam menjaga kebersihan, dikarenakan kebersihan sebahagian dari iman.[]

 

0Shares