Aceh BERITA PEMILUKADA Politik

KIP Aceh Besar Kembali Hentikan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2019

0Shares

Jantho | Anews — Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh besar kembali menghentikan proses rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu untuk DPRK di kabupaten tersebut pada Jum’at (17/05).

Setelah sebelumnya memulai Rekapitulasi semenjak pagi dan berakhir hingga sore hari, namun proses tahapan rekapitulasi tak juga kunjung memplenokan hasil pemilu untuk DPRK.

Seperti dilansir dari laman beritakini.com, Adi Nirwan selaku ketua Panwaslih Aceh besar terkejut dengan penghentian sepihak proses rekapitulasi hasil perhitungan suara oleh ketua KIP Aceh Besar Cut Agus Fatahillah.

“Setelah proses kembali berjalan, tiba-tiba ditengah jalan kembali masuk angin” katanya dikonfirmasi media tersebut.

“Kami juga tidak menduga, begitu juga para saksi parpol, karena sudah berjalan tiga kecamatan, dan tinggal finishing (penetapan,red), komisioner KIP menghentikan rapat pleno sepihak bakda Ashar” sambungnya lagi.

“Kami pikir bisa lanjut satu kecamatan lagi, tapi sampai disitu saya konfirmasi kok cepat sekali (usai, red), ternyata ada penghentian sepihak oleh ketua KIP dan tidak diketahui alasannya apa,” ujar Adi.

“Padahal proses dan tahapan rapat tadi berjalan lancar, tanpa ada kericuhan seperti sebelumnya

Jadi aneh juga, hanya karena alasan hari ini sudah deadline keputusannya diserahkan kepada KPU. Padahal mekanismenya tidak seperti itu, meski sudah terlambat Rekapitulasi tetap diplenokan di kabupaten” ungkap Adi Nirwan.

Masih menurut Adi Nirwan, ketika para komisioner KIP meninggalkan lokasi, dia sempat menanyakan kepada saksi parpol alasan penghentian pleno oleh KIP

Ternyata, tidak ada terjadi masalah apapun, hanya KIP saja yang menghentikan sidang secara sepihak.

Sementara upaya media tersebut mengkonfirmasi kepada Komisioner KIP Aceh  Besar Cut Agus Fadhillah, telepon seluler yang bersangkutan tidak kunjung aktif.[]

 

 

0Shares