Aceh BERITA Pase

Lanal Lhokseumawe: Yacht Mewah Diperkirakan Hanyut Terbawa Arus

0Shares

Sebuah Yacth [Kapal Layar] tanpa awak yang ditarik nelayan setelah terombang-ambing 15 Mil di laut Selat Malaka, kini ditambatkan di PPI Krueng Mane, Aceh Utara dan dalam pengawasan Lanal Lhokseumawe, Foto : Suryadi Kawon

Lhokseumawe-Aceh.news | Otoritas Pangkalan Angkatan Laut (LANAL) Lhokseumawe dikabarkan telah mengamankan barang bukti Yacht Mewah [Kapal Layar] yang ditemukan nelayan di sekitar 15 mil perairan Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, pada Sabtu 11 Januari lalu.

Selain pengamanan barang bukti, LANAL juga menempatkan sejumlah personilnya untuk melakukan penjagaan terhadap Kapal Layar tersebut di PPI Krueng Mane.

“Nelayan melaporkan lagi memancing kemudian dapat itu (kapal layar-red). Terus ditarik dengan inisiatif melaporkan kepada Angkatan Laut atau di pos terdekat disitu”, ungkap Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Lhokseumawe, Kolonel Laut (P) Muhammad Sjamsu Rizal, kepada RRI, Senin (13/01/2020)

Ia juga menjelaskan, awalnya nelayan memberi tahukan temuan kapal itu ke pihak Pos Pengamat Angkatan Laut di wilayah Krueng Mane.

Saat ini pihaknya juga sudah memanggil beberapa instansi terkait seperti Kepolisian, Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP), dan Kantor Imigrasi.

“Tidak ditemukan adanya personil di Yacht Mewah tersebut. Yang ada hanya beberapa buah Dokumen seperti Identitas Nahkoda (Driving Licence) atas nama Steven Christopher, kelahiran 1960. Selanjutnya, Paspor Phuket Thailand, Card Flora Resort juga Phuket Thailand, Kartu Visa Lloyd Bank Platinum, Kartu Mastercard Barclaycard Business”, jelasnya lagi.

Satu unit Kapal Layar Mewah bernomor lambung 5100 85497 itu masih ditambatkan di dermaga PPI Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara. Di lambung Kapal juga tertera tulisan yang diduga dari Bahasa Thailand.

Sejauh ini LANAL memperkirakan kapal tanpa awak tersebut hanyut terbawa arus hingga ke wilayah perairan Krueng Mane Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara.

“Rencananya Selasa 14 Januari, pihak KSOP dan Imigrasi akan menindak lanjuti temuan Yacht Mewah ini seperti apa”, tutup Danlanal.

Sumber : KBRN

0Shares