Aceh BERITA Ekonomi Regulasi

LPG Tabung Melon Dilarang untuk PNS, Plt Gubernur Aceh Terbitkan Ultimatum

0Shares

Banda Aceh, Anews — Agar peruntukan tabung gas subsidi LPG 3 kilogram atau tabung melon merata bagi keluarga miskin, Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah terbitkan surat edaran pelarangan PNS/ASN miliki dan pakai tabung LPG 3 kilogram tersebut.

Pemerintah Aceh telah mengeluarkan surat edaran terkait larangan bagi PNS/CPNS di lingkungan Pemerintah Aceh dan Kabupaten/Kota se-Aceh, untuk menggunakan Liquified Petroleum Gas (LPG) subsidi ukuran 3 Kilogram.

Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam surat edaran bernomor 540/8435, tanggal 13 Juni 2019 serta ditandatangani langsung Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Larangan ini ditujukan agar penggunaan LPG tabung ukuran 3 Kg bersubsidi tersebut, dapat disalurkan dengan tepat sasaran.

Berdasarkan peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral nomor 26 tahun 2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian LPG, dijelaskan bahwa LPG tabung 3 Kg merupakan LPG tertentu seperti pengguna atau penggunaannya, kemasannya, volume dan harganya yang harus masih diberikan subsidi.

Sebab itu, penggunaan LPG tabung 3 Kg bersubsidi itu, hanya diperuntukkan bagi konsumen rumah tangga dan usaha mikro dengan kriteria tertentu. Kemudian, para pelaku usaha selain usaha mikro yang memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp 50 juta, tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha atau memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp 300 juta, turut dilarang menggunakan LPG tabung 3 Kg.

Selain itu, seluruh masyarakat dalam wilayah Aceh yang mempunyai penghasilan lebih dari Rp 1,5 juta perbulan, serta tidak memiliki surat keterangan tidak mampu dari gampong juga dilarang menggunakan tabung LPG melon. Edaran itu ditujukan kepada para Bupati/Walikota se-Aceh, para Kepala SKPA, dan Para Kepala Biro di lingkungan Sekretariat Daerah Aceh, agar menghimbau kepada para bawahan di jajarannya agar beralih menggunakan LPG selain ukuran 3 Kg, yang diperuntukkan kepada masyarakat kalangan tertentu.

Berita ini telah tayang di AJNN.net

0Shares