BERITA MotoGP2019 Olah Raga

Moto GP Inggris: Alex Rins Juara, Marquez Kedua, Doviziozo Out Karena Kecelakaan Hebat

0Shares

Meski menjadi runner-up, Marquez tidak tergoyahkan di puncak klasemen MotoGP. Dengan 20 poin tambahan, Marquez kini mengumpulkan 250 poin unggul 78 poin dari Dovizioso di urutan kedua. Rins naik ke peringkat ketiga dengan perolehan 149 poin, dibayangi Danilo Petrucci dengan 145 poin.

Silverstone– Alex Rins memenangi MotoGP Inggris usai mengalahkan Marc Marquez di garis finis. Nasib sial diterima Andrea Dovizioso usai gagal finis karena kecelakaan hebat.

Di Sirkuit Silverstone, Minggu (25/8/2019), rider Suzuki tersebut menyudahi balapan dengan waktu 40 menit 12,799 detik. Rins mengungguli Marquez dengan selish 0,013 detik saja.

Ini adalah kemenangan kedua Rins di MotoGP 2019 usai memenangi MotoGP Amerika Serikat. Sedangkan Marquez gagal meraih kemenangan keduanya di Inggris sejak terakhir juara pada 2014.

Sementara itu Dovizioso tak sampai satu putaran berlomba. Pebalap Ducati tersebut dipaksa retired lebih awal karena terimbas insiden yang dialami Fabio Quartararo.

Meski menjadi runner-up, Marquez tidak tergoyahkan di puncak klasemen MotoGP. Dengan 20 poin tambahan, Marquez kini mengumpulkan 250 poin unggul 78 poin dari Dovizioso di urutan kedua. Rins naik ke peringkat ketiga dengan perolehan 149 poin, dibayangi Danilo Petrucci dengan 145 poin.

Jalannya Balapan

Marquez mempertahankan posisinya di urutan terdepan usai melewati tikungan pertama, diikuti Rossi dan Alex Rins. Di saat bersamaan terjadi kecelakaan hebat yang melibatkan Fabio Quartararo dengan Andrea Dovizioso. Motor Dovi sampai terbakar, kedua pebalap out.

Memasuki putaran kedua, rombongan terdepan Marquez, Rossi, dan Rins membuka jarak dengan para pebalap di belakangnya. Rins berhasil menyalip Rossi di putaran ketiga untuk mengambil alih posisi kedua di belakang Marquez.

Maverick Vinales, Franco Morbidelli, dan Cal Crutchlow berada di urutan empat, lima, dan enam. Memasuki putaran keempat, Rins mulai menempel ketat Marquez dengan jarak 0,6 detik sekaligus membuka ruang dengan Rossi di belakangnya.

Di saat kesulitan mengejar Rins, Rossi justru semakin dekat dengan Vinales di belakangnya. Sampai putaran keenam, keduanya berjarak 0,4 detik saja. Vinales akhirnya berhasil menyalip Rossi di putaran ketujuh untuk menempati urutan ketiga sementara Rins menekan Marquez.

Cukup seru juga dalam pertarungan perebutan posisi kelima antara Crutchlow, Morbidelli, dan Miller. Rins sempat mengambil alih pimpinan balapan di putaran kesembilan, namun Marquez segera mengambil posisi terdepan lagi.

Di putaran 10, duo penunggang KTM Miguel Oliviera dan Johan Zarco juga terlibat insiden di tikungan 14 sehingga out. Hingga balapan memasuki putaran ke-16, belum ada aksi berarti di rombongan depan.

Rossi kian lambat karena kini diburu Morbidelli yang membuntuti dia di urutan kelima. Jarak Rins dan Vinales melebar menjadi 1,6 detik.

Duel Marquez dan Rins lebih seru pada putaran ke-19. Kedua pebalap saling salip untuk berada di posisi terdepan.

Di putaran terakhir, Rins menyalip Marquez di tikungan terakhir untuk menyentuh garis finis lebih dahulu sekaligus merebut kemenangan. Marquez finis kedua, Vinales ketiga.[] Sumber: Detik

0Shares