Olah Raga Otomotif

Kualifikasi MotoGP Qatar: Rossi Urutan ke-14

0Shares

Doha | Anews – Dua mantan juara dunia MotoGP, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, tampil tidak meyakinkan di sesi kualifikasi MotoGP 2019 pertama di Qatar. Keduanya  harus  start di luar sepuluh besar. Rossi di posisi ke-14 sementara Lorenzo setingkat di bawahnya. Lorenzo bahkan sempat mengalami crash di awal Q1 yang memperlambat lajunya.

Pole position pertama MotoGP 2019 jadi milik pebalap Yamaha, Maverick Vinales. Dia mengungguli Andrea Dovizioso dan Marc Marquez.

Pada sesi kualifikasi MotoGP Qatar yang dihelat di sirkuit Losail, Vinales tampil prima sejak Q2 dimulai. Dia langsung mencatatkan waktu 1 menit 53,844 detik.

Marquez yang mencoba mengalahkan waktu Vinales tak dapat berbuat apa-apa. Justru Vinales menajamkan lagi catatan waktunya di kesempatan kedua melintasi sirkuit dalam 1 menit 53,546. Waktu ini tak bisa dilampaui oleh para pebalap lain.

Pada kesempatan terakhir, Marquez sebenarnya ingin melampaui catatan waktu Vinales tapi usahanya gagal dan harus bertengger di posisi ketiga dengan 1 menit 53,745 detik. Sementara itu di antara Vinales dan Marquez adalah Dovizioso pada posisi kedua.

 

Di urutan keempat ada pebalap Pramac Ducati Jack Miller dan menyusul debutan asal Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo di posisi kelima. Berurutan mengisi posisi 10 besar adalah Cal Crutchlow, Danilo Petrucci, Franco Morbidelli, dan Takaaki Nakagami.

Sperti yang dilansir DetikSport, Usai memuncaki latihan bebas pertama,  posisi Rossi menujam kebawah di sesi kedua. Dia mencatatkan waktu 1 menit 55,048 detik di latihan bebas pertama yang berlangsung di Losail, Jumat (8/3/2019). Di latihan kedua, waktu Rossi lebih baik namun tak cukup untuk menempatkannya di barisan depan.

“Ini adalah sebuah hari yang aneh karena kupikir kami tidak terlalu buruk di pagi ini tapi kami tidak seburuk siang ini,” Rossi mengungkapkan dilansir Crash. “Siang ini kami tidak banyak memodifikasi motor tapi aku memiliki banyak masalah dengan ban-ban depan karena kami tidak seimbang dan aku sangat menderita. Aku lambat.”

 

“Pada akhirnya, lintasannya punya daya cengkeram yang tinggi jadi pebalap-pebalap terdepan melaju lebih baik dan ada rekor waktu putaran jadi itu sangat kencang. Tapi sayang sekali tadi adalah latihan yang sulit untukku.” Lanjut Rossi.

“Dengan 18 pebalap di satu detik seperti di MotoGP, kalau Anda tidak memaksa sampai batas maksimal maka akan sangat mudah untuk keluar dari jajaran 15 besar. Kami harus mencari sebuah cara untuk meningkat pada besok dan untuk memiliki sebuah kecepatan yang bagus,” tutupnya.<>

Sumber: motogp.com

0Shares